Thursday, February 18, 2016

Lilin Masa Raya Paska

LILIN MASA RAYA PASKA
Kesejarahan & Praktek

Di dalam kehidupan sehari-hari, banyak kita jumpai simbol/ lambang. Kita menggunakannya (simbol uang: Rp, £, €, ¥), memakainya (logo merek ternama) dan bahkan mematuhinya (tanda lalu-lintas). Demikian juga di dalam kehidupan bergereja banyak simbol yang kita kenal dan pergunakan, baik sebagai pengingat, penguat maupun sebagai identitas. Simbol-simbol tersebut, diantaranya seperti: salib, altar & perlengkapannya, warna, liturgi, termasuk juga penggunaan lilin.
Di dalam gereja, lilin hampir selalu dipergunakan baik pada kegiatan kebaktian minggu biasa maupun pada kegiatan kebaktian istimewa, seperti kebaktian pernikahan, kebaktian di Masa Raya Natal, demikian juga pada kebaktian di Masa Raya Paska, masa yang saat ini sedang kita masuki.

1.   Lilin Sebagai Simbol.

Esensi dari sebuah lilin adalah “lilin” itu sendiri sebagai “api” atau “terang” yang menjadi simbol kehadiran Tuhan. Nyala api dari semak duri di Gunung Sinai, tiang api di padang gurun, api altar di Bait Suci Yerusalem, adalah beberapa contoh kejadian yang dapat dibaca di Kitab perjanjian Lama.
Umat Kristen mula-mula, memberikan arti tentang api atau terang itu sebagai simbol kehadiran Yesus, Tuhan yang telah bangkit dari kematian, sebagai “tiang api yang baru.” Di Yerusalem, mereka mempunyai kebiasaan untuk menyalakan lilin setiap Sabtu malam, (diduga) mengikuti kebiasaan umat Yahudi saat mengakhiri Sabat.
Baru di sekitar abad 5/6 Masehi, kebiasaan ini kemudian menjadi bagian dari ritual kebangkitan Yesus dan menjadi bagian dari liturgi gereja di berbagai negara dan bangsa.
Seperti yang juga kita lihat di gereja-gereja yang memiliki (meja) altar, simbol kebangkitan dan kehadiran Yesus dinyatakan melalui lilin yang senantiasa menyala di altar; itulah Lilin Paska. Aturan ini tentu akan berbeda dan bervariasi, sesuai dengan denominasi gereja, termasuk juga yang secara khusus menyelenggarakan ibadah penyalaan Lilin Paska yang akan tetap menyala di sepanjang Masa Raya paska.

2.  Lilin Masa Pra Paska (MPP).

Jumlah Lilin MPP.
Masa Raya Paska diawali dengan MPP yang berlangsung selama 40 hari dengan enam (6) hari Minggu di dalam masa tersebut (lih. Warta Jemaat 31 jan 2016). Oleh karenanya, banyak gereja, termasuk gereja kita, yang memasang enam (6) buah lilin selama MPP (cat.: ada juga gereja yang memasang tujuh (7) buah lilin, dimana lilin terakhir merupakan simbol Jumat Agung).

Arti Pemasangan Lilin MPP.
Sebagaimana telah kita imani, MPP adalah masa penyesalan, peringatan akan sengsara Tuhan Yesus. MPP sekaligus menjadi titik tolak perubahan, pembaruan dan pertumbuhan rohani, sebagai eskalasi kearah karya penyelamatan umat manusia yang semakin dekat.
Enam (6) buah lilin yang dipasang selama MPP menjadi simbol penyesalan, peringatan sengsara Tuhan Yesus dan eskalasi kearah karya penyelamatan umat manusia.

Cara Pemasangan Lilin MPP.
Gereja mempunyai kebiasaan yang berbeda didalam memasang lilin MPP, meskipun pada umumnya banyak gereja melakukan dua (2) cara di bawah ini, baik salah satu ataupun bergantian pada setiap tahunnya.
Lilin dipasang dan dinyalakan satu per satu. Di awal kebaktian, lilin dinyalakan satu per satu setiap minggu, sehingga enam (6) lilin menyala semua pada MPP 6 (Minggu Palem). Praktik ini ingin menyatakan bahwa di dalam masa penyesalan ini, umat pun masih mempunyai harapan karena melihat “terang” (baca: karya penyelamatan umat manusia oleh Yesus). Dari minggu ke minggu, “terang” itu menjadi semakin besar dan semakin dekat, dengan puncaknya di Minggu Paskah.
Lilin dipasang, dinyalakan semua dan dipadamkan satu per satu. Sebelum kebaktian, semua lilin dinyalakan. Di awal kebaktian, lilin dimatikan satu per satu setiap minggu. Praktik ini ingin menyatakan bahwa di dalam masa penyesalan ini, umat diingatkan keadaan manusia yang dikuasai kegelapan. Setiap hari kita bertambah jahat dan semakin jauh dari “terang.” Sampai akhirnya di MPP 6 (Minggu palem) semua lilin mati. Pupuslah harapan umat manusia!
Hilangnya harapan manusia yang dikuasai dosa tak terperikan itu menimbulkan belas kasihan Allah dengan mengutus Yesus turun, melepas nyawa untuk menyelamatkan umat manusia. Karya penyelamatan ini juga menjadi karya pemulihan hubungan antara Allah dengan manusia.


Sumber:
1.   www. elca.org

5.   Beberapa sumber lainnya yang digali untuk ide tulisan.

Sunday, December 27, 2015

Drama Natal 2015 - GKI Taman Aries

Pada Kebaktian & Perayaan Natal 2015, Liturgi GKI Taman Aries menyampaikan Pemberitaan Firman Allah dalam bentuk persembahan drama Natal dengan judul:

DIMANA YESUS?

Naskah drama diadaptasi dari naskah yang berjudul: AWAY FROM A MANGER, karya Rachel Benjamin and Suzanne Davis.

Beberapa foto pementasan dapat dilihat pada tautan/ link berikut:
https://www.facebook.com/BanyakGaul/media_set?set=a.10207076893813519&type=3&pnref=story

Berikut ini adalah naskah drama dimaksud, dengan harapan dapat bermanfaat bagi umat. L'Shalom.




























Bagi yang menginginkan naskah PDF, silahkan kontak saya.

Pujian Malam Natal 2015 - GKI Taman Aries

Ada tiga lagu pilihan yang dipersembahkan saat Kebaktian Malam Natal 2015 di GKI Taman Aries. Dua Aria (Bass) dari Oratorio Messiah - G.F. Handel, yaitu:
1. For Behold Darkness Will Cover The Earth &
2. The People That Walked In Darkness

Lirik lagu pertama diambil dari Yesaya 60 : 2 - 3 dan lirik lagu ke dua diambil dari yesaya 9 : 2 sebagai peringatan Nabi Yesaya atas manusia yang selalu berbuat dosa, serta nubuat akan kedatangan Sang Jururu Selamat.




Lagu yang ke tiga diambil karya Sally DeFord:
Born To Wear A Crown

Liriknya juga telah ditranskrip sehingga dapat dinyanyikan dalam Bahasa Indonesia.




Semoga menjadi berkat bagi umat! L'Shalom.