Saturday, May 3, 2014

Menurutmu, Siapakah Sesamamu? (1)

Gosip SOCRATES
(Bahan perenungan dan refleksi pribadi)

Socrates adalah sosok yang dikenal sebagai ahli filsafat dari masa Yunani kuno. Pada suatu hari, seorang kenalan menemuinya dan berkata, “Tahukah Tuan apa yang saya dengar tentang sahabat Tuan?”
“Tunggu dulu!,” Socrates memotong. “Sebelum saudara menyampaikan perihal apapun kepada saya, saya ingin saudara menjawab tiga pertanyaan sederhana.”
“Tiga pertanyaan sederhana?,” tanya si kenalan tadi.
“Betul; tiga pertanyaan sederhana.” Socrates menukas. “Sebelum saudara berbicara tentang sahabat saya tadi, tolong pikirkan tentang apa yang akan saudara katakan. Pertanyaan pertama saya adalah tentang KEBENARAN. Apakah saudara sangat yakin bahwa apa yang akan saudara katakan itu adalah BENAR?”
“Tidak sih,” kenalannya tersebut menimpali, “Saya hanya mendengarnya dari orang lain dan …”
“Baik,” potong Socrates. “Jadi saudara tidak yakin apakah hal itu benar atau tidak. Sekarang jawablah pertanyaan ke dua, yaitu tentang KEBAIKAN. Apakah hal yang akan saudara ceritakan kepada saya tentang sahabat saya itu adalah sesuatu yang baik?”
“Nggak sih, bahkan sebaliknya …”
“Jadi,” lanjut Socrates, “Saudara ingin memberitahu saya sesuatu yang buruk tentang sahabat saya, namun saudara juga tidak yakin akan kebenarannya."
"Satu lagi pertanyaan saya yang terakhir, yaitu tentang KEMANFAATAN. Apakah hal yang akan saudara ceritakan kepada saya tentang sahabat saya itu adalah sesuatu yang bermanfaat bagi saya?”
“Nggak sih, sama sekali tidak …”
“Nah,” simpul Socrates, “Jika apa yang saudara ingin beritahukan kepada saya adalah sesuatu yang saudara sendiri ragu akan kebenarannya, belum tentu baik dan mungkin tidak bermanfaat, jadi kenapa saudara harus repot-repot ingin memberitahukannya kepada saya?”

(Sumber: Testing For Gossip, http://www.rogerdarlington.me.uk/stories.html).

No comments:

Post a Comment